Mainan anak sesuai Umur

Mainan apakah yang cocok untuk anak saya? Mainan untuk anak-anak diklasifikasikan berdasarkan umur.

Anak sampai dengan umur 1 tahun meneliti segala sesuatu lewat panca inderanya. Bagaimana bentuknya, bagaimana rasanya, bagaimana ukurannya, seberapa beratnya. Karena si anak butuh mengetahui rasanya, jadi mainan untuk anak-anak seumuran ini ukurannya harus besar untuk menghindari resiko tertelan. Warna juga sangat menarik untuk anak dibawah 1 tahun, makanya mainan bayi biasanya berwarna cerah ceria. Satu hal yang penting, hati-hati dengan bahan pewarna yang digunakan produsen mainan, pewarnanya harus dengan pewarna makanan.

Anak berumur 1 – 2 tahun sudah mulai bisa menyusun mainan-mainannya secara sederhana. Bisanya balok-balok akan disusun berbaris, atau ditumpuk-tumpuk secara vertikal. Susunan balok-balok mainannya dalam bentuk 2 dimensi. Ini memberikan pengalaman yang penting untuk anak-anak seusia ini.

Anak berumur 2 – 3 tahun sudah terlatih untuk berkonsentrasi dan gerakan motoriknyapun sudah mulai lancar dan beragam. Anak usia ini membangun secara sistematis, jadi tidak hanya disusun dan ditumpuk, mereka sudah bisa membuat bentuk 3 dimensi, seperti balok yang ditumpuk menjadi bentuk rumah sederhana. Mereka juga senang meneliti bagaimana benda bergerak. Misalnya gundu yang dilepas di papan miring bisa menggelinding. Mereka meneliti bagaimana aksi dan reaksi terhadap mainan-mainannya. Mainan yang cocok untuk mereka adalah Playmais dan Lego Duplo.

Anak berumur 4 – 6 tahun sudah dapat membangun mainan konstruksi yang lebih kompleks. Mereka butuh tantangan! Pada usia ini banyak sekali ide kreatif di kepala mereka yang butuh disalurkan! Berikan mereka tantangan dan mereka akan senang sekali.

Anak berumur diatas 6 tahun sudah seperti insinyur kecil! Mainan yang cocok untuk mereka tentu yang lebih kompleks seperti Baufix, KRE-O Transformers, Eitech, Lego Technic dan Lego City. Tantangan lain yang tak kalah seru adalah menyusun Puzzle!

Biarkan anak-anak kita berkembang, berkreasi dan berimajinasi!


Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.